Wednesday, December 30, 2015

Tags: , , , , , , , , ,

Pengertian UDP (User Datagram Protocol)

Apple Handphone Hardware Linux Network Security Software Technology Web Windows
UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol dalam internet yang mendukung komunikasi unreliable dan dapat mengirimkan pesan kepada komputer lain dalam jaringan lain tanpa melakukan komunikasi awal. UDP melakukan komunikasi dengan mekanisme yang sangat sederhana. UDP menggunakan proses checksum untuk menjaga integritas data. UDP digunakan untuk beberapa komunikasi sederhana, seperti query DNS (Domain Name System), NTP (Network Time Protocol), DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol), dan RIP (Routing Information Protocol).
Pada query DNS, komputer meminta informasi berupa data dari suatu domain kepada DNS server. Data ini bisa berupa alamat Web server, Mail server dan data-data lain terkait domain, kemudian informasi-informasi yang dibutuhkan oleh klien akan dibalas oleh DNS server ke komputer klien.
UDP sangat cocok untuk pengiriman informasi yang lebih mengandalkan kecepatan daripada kehandalan. Contoh aplikasi ini adalah audio dan video streaming.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism