Wednesday, December 9, 2015

Tags: , , , , , , ,

10 Situs Untuk Belajar Pemrograman Web

Handphone Network Programming Security Software Technology Top 10 Web

 Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman diartikan sebagai proses, cara, pembuatan program. Sedangkan web adalah jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext dan WWW (world wide web), World Wide Web adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang memuat banyak informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol. Halaman web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka, dilihat, dan diterjemahkan dengan Web Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce). Nah, untuk kalian yang tertarik dengan pemrograman web, berikut ini adalah 10 Situs Referensi untuk Belajar Pemrograman Web;

1. W3Schools

W3school adalah situs pembelajaran pemrograman web yang sangat lengkap dan mudah untuk mempelajarinya, karena W3School tidak hanya memberikan teori, namun juga praktek yang langsung bisa Anda praktekkan yang sedang dibahas saat itu juga.
Selain itu, W3school dilengkapi dengan tutorial kode-kode website lain yang lebih kompleks seperti Javascript, JQuery, ASP, dan sebagainya.
2. Codecademy

 Codecademy adalah situs menarik untuk belajar pemrograman secara online. Dalam situs Codecademy pembaca dapat belajar melalui menu latihan yang ada atau memberikan pelajaran kepada orang yang sedang belajar. Menariknya, pembaca akan disajikan petunjuk untuk kode, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak yang berisikan hasil dari kode yang pembaca masukkan. Apabila kode yang telah dimasukkan benar, maka pembaca dapat langsung menyimpanya.Dengan hal ini akan sangat memudahkan pembaca untuk mempelajari struktur pemrograman baik ketika benar, maupun terdapat kesalahan. Selain itu, ketika pembaca selesai dengan menu latihan maka situs akan memberikan penghargaan berupa lencana, dan mengetahui seberapa jauh persentase dalam menuju tahap akhir latihan. Bahasa yang dapat dipelajari di Codecademy adalah Ruby, Python, PHP, HTML, HTML5, CSS, JavaScript,dan JQuery.

Codecademy


3. CodeSchool



CodeSchool adalah salah satu situs pemrograman web yang interaktf sama halnya seperti Codecademy ini, pembaca akan disajikan tutorial, contoh kode, latihan, dan penghargaan menarik mengenai bahasa pemrograman. Bisa dibilang situs ini bersifat interaktif dalam melakukan pengajarannya hampir sama seperti Codecademy. Pengguna yang berhasil menyelesaikan menu latihan akan mendapatkan nilai seperti layaknya di sekolah. Situs ini mendukung bahasa pemrograman seperti Ruby, JavaScript, HTML, CSS, dan Objective C.

CodeSchool


4. LearnStreet


Situs ini menyediakan tutorial, menu latihan, dan proyek untuk belajar pemrograman dari JavaScript, Ruby, dan Python. Untuk metode latihannya, situs ini hampir sama dengan Codecademy dan CodeSchool dimana pengguna akan disajikan penjelasan inti, glosarium, video tutorial, kotak memasukkan kode, dan kotak hasil.
Menariknya, di LearnStreet terdapat proyek-proyek aplikasi yang dapat diujikan oleh situs ini kepada penggunanya agar dapat memahami struktur program dari proyek tersebut. Selain itu, pada LearnStreet ini pembaca bisa menjadi guru untuk memberikan tutorialnya.

LearnStreet


5. CodeAvengers


 Code Avengers adalah situs yang memuat 3 tutorial yang terfokus pada pembuatan produk, yaitu Build websites, Build apps, dan Build games. Codeavengers memiliki kekurangan, yaitu kita hanya dapat mempelajari HTML dan CSS saja.

CodeAvengers


6. TeamTreeHouse

Teamtreehouse adalah situs pembelajaran pemrograman web dan mobile yang berbayar atau tidak gratis, bukan seperti situs-situs lainya yang sudah disebutkan di atas. Hal ini karena di Teamtreehouse anda akan dibimbing secara langsung maupun tidak langsung oleh para professional programmer disana. Namun, jika Anda hanya untuk sekedar mencoba, anda bisa mendaftar secara Free Trial. Selain pembelajaran tentang bahasa pemrograman web, Teamtreehouse juga menyuguhkan pelajaran tentang desain dan bisnis seputar web.


7. HTMLandCSSBook

  
HTML and CSS Book tidak menyediakan tutorial secara langsung, namun disana terdapat code sample  berisi semua penggunaan kode HTML dan CSS yang sangat lengkap yang bisa Anda download secara gratis.
8. JagoCoding
Jagocoding adalah situs berbasis jejaring sosial yang berisi tutorial pemrograman web. Jagocoding mengusung tema learn and share, dimana kita dapat belajar sekaligus berbagi ilmu yang telah kita miliki kepada pengguna lain. Pengguna Jagocoding tersebar mulai dari pemrograman komputer tingkat dasar, menengah, maupun tingkat yang lebih tinggi.
9. Codecourse

Codecourse adalah situs pembelajaran pemrograman web seperti halnya situs-situs yang sudah disebutkan di atas, namun Codecourse menyuguhkan tutorial tentang pemrograman web berbentuk video.


10. Udemy
 Udemy saat ini memiliki 64 video belajar PHP , MySQL, dan framework-framework terbaru yang bisa Anda tonton secara grastis. Sebagian besar video di Udemy menggunakan bahasa Inggris.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism