Friday, December 11, 2015

Tags: , , , , ,

Pengertian IDE (Integrated Development Environment)

Handphone Linux Programming Software Technology Windows

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas untuk membantu dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Sekarang telah banyak IDE yang sudah digunakan secara bebas, seperti MS Visual Basic untuk Basic, MS Visual C++ untuk C, Borland Delphi untuk Delphi, Eclipse dan NetBeans untuk Java, Turbo Pascal untuk Pascal, dan masih banyak yang lainya.   Adapun fasilitas-fasilitas yang terdapat pada IDE antar lain:
  • Editor, yaitu fasilitas tempat menuliskanya kode sumber untuk membuat sebuah program.
  • Compiler, yaitu fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber kemudian mengubahnya menjadi bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
  • Linker, yaitu fasilitas untuk menyatukan data binari dari beberapa kode sumber yang dihasilkan compiler sehingga data-data binari tersebut menjadi satu kesatuan dan menjadi suatu program komputer yang siap dieksekusi.
  • Debuger, yaitu fasilitas untuk mengecek jalannya program dan mencari bug/kesalahan yang terdapat pada program yang telah dibuat.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

1 Add Comment:

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism