Sunday, December 27, 2015

Tags: , , , , , , , , , ,

Pengertian CDN (Content Delivery Network)

Facebook Handphone Hardware Linux Network Programming Security Software Technology Web Windows
 CDN (Content Delivery Network atau Content Distribution Network) adalah kumpulan jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia yang berfungsi untuk mengirimkan atau menjalankan layanan internet, seperti web dan email  kepada pengguna dengan kecepatan dan keamanan tinggi. Masing-masing server memiliki berkas yang sama dengan server lainnya, sehingga bisa dikatakan setiap server adalah duplikasi dari server lainnya. Salah satu cara yang paling efektif untuk mempercepat sebuah website adalah dengan menggunakan CDN, karena ketika pengguna mengunduh suatu halaman web, maka browser akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh. Kecepatan unduhan tersebut tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah jarak antara server dengan perangkat pengguna. Semakin jauh jarak server dari klien, maka semakin lama pula respon pengiriman dan begitu pula sebaliknya. Fungsi CDN dalam permasalahan ini adalah untuk meminimalisir waktu unduhan yang dibutuhkan oleh browser, karena CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia, oleh karena itu server yang terdekat dengan perangkat pengguna akan diprioritaskan untuk mengirimkan layanan yang diminta.
Sebagai contoh, seseorang yang berada di Indonesia sedang mengakses suatu web yang server-nya berada di USA, jika web tersebut tidak menggunakan CDN, maka waktu mengunduh halaman web tersebut sangat lama, tergantung jarak antara Indonesia - USA. Tetapi, jika web tersebut menggunakan CDN untuk menaruh semua berkas-berkasnya ke dalam CDN, maka server CDN yang terdekat dengan perangkat penggunalah yang akan melayani permintaan pengguna, sehingga waktu yang dibutuhkan akan semakin pendek. CDN  sangat diperuntukkan bagi pemilik web yang memiliki pelanggan atau pengunjung dari berbagai belahan dunia, karena waktu mengakses web dari wilayah manapun dapat diminalisir menggunakan CDN. Namun jika hanya memiliki pelanggan atau pengunjung yang hanya berasal dari wilayah tertentu saja, pemiliki web akan lebih hemat dan praktis bila menyewa server hosting di wilayah itu saja.
CDN yang ada biasanya berupa jasa layanan seperti halnya web hosting. Kebanyakan penyedia layanan CDN sekarang adalah berbayar, seperti contohnya Akamai dan MaxCDN, tetapi ada juga  penyedia layanan CDN yang melayani berbayar sekaligus gratis seperti halnya CloudFlare dan CoralCDN, tetapi CDN gratis memiliki fitur yang terbatas.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism