Monday, June 13, 2016

Tags: , , , , , ,

Car Hacking: Membuka Kunci Pintu Mobil Dengan RollJam

Hardware Network Programming Security Software Technology Tutorial
 
Seorang peneliti telah menemukan cara untuk membuka kunci pintu mobil hanya dengan menggunakan semacam perangkat yang dirangkai dari 2 buah radio, microcontroller dan sebuah baterai. Sebuah perangkat yang biasa peneliti dan pencinta teknologi sebut sebagai RollJam.

RollJam memungkinkan seseorang untuk mengambil keuntungan dari bug pada sistem Wireless Unlocking yang kini telah banyak digunakan oleh sebagian besar produsen mobil di seluruh dunia. Sistem Wireless Unlocking memungkinkan pemilik mobil dapat membuka mobilnya hanya dengan menekan sebuah tombol dengan jarak maksimal 20 meter. Sistem Wireless Unlocking  memiliki 2 komponen penting, yaitu KEY (kunci) dan CAR (mobil).


Rolljam mencuri sebuah kunci, yang biasa disebut Rolling Code. Rolling Code pada dasarnya adalah sebuah kode acak yang dikirimkan lewat gelombang radio ke mobil ketika pengguna menekan tombol di perangkat nirkabel mereka. Sebuah kunci memiliki generator kode yang telah disinkronisasikan dengan pemilik dan kemudian hancur secara otomatis sehingga tidak dapat digunakan kembali.





Ketika pemilik menekan tombol di perangkat nirkabel mereka (kode pertama), RollJam mengirimkan gelombang radio dengan menggunakan frekuensi yang sama untuk memblok dan mencatat kode berupa gelombang radio yang dihasilkan pemilik mobil. Karena pemblokan sinyal, maka mobil tidak mendapatkan sinyal apapun, sehingga memaksa pemilik untuk menekan tombol sekali lagi. Saat tombol ditekan kedua kalinya (kode kedua), kode pada sinyal tersebut diblok sekaligus direkam kembali oleh RollJam dan pada waktu yang sama, RollJam mengirimkan kode pertama berupa sinyal ke mobil.

Saat mobill  diparkir oleh pemiliknya, maka seseorang yang memiliki kunci tadi dapat membuka kunci pintu mobil tersebut dan mengendarainya.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism