Tuesday, June 14, 2016

Tags: , , , , , , , , ,

10 Penyebab Daya Baterai Smartphone Cepat Habis

Apple Facebook Handphone Hardware Network Programming Security Software Technology Top 10

Pasti Anda sering kali mendapati smartphone Anda kehabisan daya saat asyik bermain game, SosMed, dll. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa penyebab daya baterai di smartphone Anda cepat habis? Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa daya baterai smartphone Anda cepat habis. Berikut ini 10 Penyebab Daya Baterai Smartphone Cepat Habis;

1.  Background Apps
Kemungkinan pertama mengapa daya baterai smartphone Anda cepat habis adalah karena pada smartphone Anda terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background process, terutama yang terhubung dengan internet karena harus memperbarui informasinya secara real-time seperti GPS, Sosial Media, layanan email, dan lain-lain.


2. Brightness Level
Level brightness yang terlalu tinggi adalah salah satu penyebab yang paling banyak dialami oleh kebanyakan pengguna smartphone. Bila tidak diperlukan, atur pencahayaan seminim mungkin sehingga dapat menghemat daya baterai sekaligus membuat mata Anda nyaman saat menggunakan smartphone.

 

3. Multitasking
Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tentunya akan menyebabkan daya baterai smartphone akan cepat habis. Jika Anda ingin menjalankan beberapa aplikasi yang sangat menguras banyak sumber daya smartphone Anda, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut secara bergantian.

 

4. Pertukaran Data Secara Terus-Menerus
Pertukaran data pada smartphone seperti Wi-Fi dan Bluetooth yang dilakukan secara terus-menerus juga akan menyebabkan daya baterai pada smartphone Anda terkuras sangat cepat. Sebaiknya nonaktifkan konektivitas data bila sudah tak digunakan.

 

5. Kualitas Baterai Rendah
Jika Baterai pada smartphone Anda berkualitas rendah, maka proses pengisian akan berjalan tidak optimal dan menyebabkan waktu pemakaian-nya akan lebih singkat. Jika Anda ingin membeli smartphone baru, lebih baik untuk memeriksa dahulu spesifikasi baterai smartphone yang ingin Anda beli, apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.



6. Digunakan Secara Terus-Menerus
Kebanyakan pengguna menggunakan smartphone mereka secara terus-menerus dan tetap masih menggunakan-nya walaupun masih dalam proses pengisian ulang. Hal ini akan menyebabkan penurunan baik kualitas baterai maupun kualitas hardware lainya pada smartphone Anda. Sebaiknya, istirahatkan smartphone Anda untuk beberapa saat sekaligus mendinginkan hardware yang telah bekerja secara terus-menerus.

 

7.  Charger Yang Tidak Sesuai
Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan Voltage dan Ampere pada baterai akan menyebabkan penurunan kualitas baterai pada smartphone Anda. Untuk menghindari hal tersebut, maka pilihlah charger yang sesuai dengan spesifikasi baterai di smartphone Anda.

 

8. Kualitas dan Kinerja Hardware Menurun.
Semua hardware seperti baterai dan RAM pada smartphone akan mengalami penurunan kualitas dan kinerja. Hal ini disebabkan oleh waktu pemakaian yang sudah terbilang lama (lebih dari 2 tahun pemakaian awal) dan dari segi perawatan-nya.

 

9. Sistem Operasi Yang Tidak Sesuai
Terkadang jumlah daya baterai yang diperlukan oleh sistem operasi di luar fungsi utamanya lebih banyak daripada dengan fungsi utamanya sendiri (untuk memproses masukkan dari pengguna) terhadap baterai smartphone Anda, hal ini dapat menimbulkan waktu pemakaian menjadi lebih tidak tahan lama karena daya baterai telah terkuras sebelumnya. Misalnya jika versi sistem operasi di smartphone Anda awalnya adalah Android KitKat, maka smartphone Anda berjalan dengan optimal karena penggunaan daya dan kapasitas baterainya telah disesuaikan saat masih dalam proses pembuatan di pabrik, dan jika versi sistem operasi tersebut di upgrade menjadi Android Lollipop, maka smartphone Anda akan berjalan tidak optimal karena proporsi penggunaan daya dan kapasitas baterainya tidak seimbang. Dalam contoh di atas bisa disimpulkan bahwa pada sistem operasi awal dan yang telah di upgrade memiliki jumlah penggunaan daya yang berbeda, hal ini dikarenakan pada sistem operasi yang telah di upgrade mengalami pembaharuan atau penambahan komponen yang mungkin akan mengakibatkan bertambahnya penggunaan daya tersebut.
 

10. Smartphone Anda Telah Terinfeksi Malware
Mungkin saja penyebab daya baterai smartphone Anda cepat habis dikarenakan smartphone Anda telah terinfeksi malware sebelumnya, seperti Trojan yang dapat mencuri informasi sensitif di smartphone Anda dan mengirimkan-nya kepada pemilik asal Trojan tersebut atau bahkan virus yang dibuat oleh seseorang untuk membantunya dalam suatu aksi pengrusakan yang memerlukan banyak perangkat seperti serangan DoS yang ditujukan pada suatu layanan digital. Hal ini akan menyebabkan konektivitas data yang berlebihan dan tentunya akan menguras daya baterai pada smartphone Anda. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya lengkapilah smartphone Anda dengan sebuah anti-virus ataupun software pengaman lain-nya dan tentunya melakukan pengecekan malware secara berkala.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism