Saturday, June 6, 2015

Tags: , ,

10 Tips Membersihkan & Merawat PC/Laptop Dengan Baik (Hardware)

Hardware Top 10 Tutorial

    Agar komputer dapat bekerja diperlukan 2 komponen, yaitu:
  1. Hardware
  2. Software
kedua komponen tersebut harus dijaga kebersihan maupun perawatanya, terutama hardware, karena hardware dapat disentuh langsung oleh kita. Berikut ini 10 Tips Membersihkan & Merawat PC/Laptop Dengan Baik (Hardware).

1. Jangan pernah menyemprot atau menyemprotkan cairan apapun ke komponen komputer. Jika semprotan diperlukan, semprotkan cairan ke kain. 

2. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran, debu, atau rambut di sekitar komputer. Namun, jangan gunakan vacuum dalam komponen komputer Anda karena menghasilkan listrik statis yang dapat merusak komponen dalam. Jika Anda perlu menggunakan vacuum di dalam komputer Anda, gunakan baterai bertenaga vakum portabel atau coba gunakan kompresi udara.

3. Matikan komputer sebelum dibersihkan, putuskan pula sumber listrik komputer tersebut agar tidak tersengat listrik.

4. Berhati-hati ketika menggunakan pelarut pembersih, beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam larutan pembersih, dan beberapa pelarut bahkan dapat merusak lapisan komponen komputer. Cobalah selalu menggunakan air atau pelarut yang encer. 

5. Saat membersihkan bagian belakang komputer pastikan agar tidak  memindahkan bahkan mencabut sambungan kabel yang ada, kecuali kabel daya.

6. Ketika membersihkan kipas, tahan kipas agar tidak bergerak dan mudah untuk dibersihkan. Jangan menggunakan kompresi udara atau vakum, karena
membersihkan kipas dengan kompresi udara dan vakum dapat merusak komponen (kipas).


7.  Usahakan tangan bersih dari kotoran, seperti tanah, debu, atau sisa-sisa makanan. Karena dapat masuk ke sela-sela komponen dan dapat merusak komponen-komponen kecil yang rawan rusak.

8. Usahakan agar tidak merokok saat menggunakan komputer atau di dekat  komputer, karena asap rokok akan menempel di komponen komputer, dan abu dari rokok yang masih panas mungkin saja dapat masuk ke sela-sela komponen dan  dapat membakar komponen-komponen yang rawan seperti kabel-kabel kecil.

9. Jangan meletakkan minuman maupun cairan lainya di sekitar komputer , karena dapat membasahi komputer dan menimbulkan korsleting pada komponen.

10. Saat membersihkan layar monitor, gunakan kain kering dan usahakan tidak menggunakan cairan pembersih. Jika ingin menggunakan cairan pembersih, gunakan cairan pembersih berbentuk gel.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism