Saturday, June 13, 2015

Tags: , , , ,

10 Tips Dalam Memilih Nama Domain

Network Programming Top 10 Tutorial Web
 
 1. Mudah diketik 
   Mencari nama domain yang mudah untuk diketik sangat penting. Jika Anda menggunakan bahasa gaul atau kata-kata dengan beberapa ejaan, mungkin sulit bagi pengunjung untuk menemukan situs Anda.

2. Singkat dan Sederhana

    Jika nama domain Anda panjang dan rumit, pengunjung Anda berisiko salah ketik atau salah mengeja domain tersebut. Nama domain yang singkat dan sederhana adalah cara terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Gunakan Kata Kunci 

   Gunakan nama domain yang mengandung kata kunci tentang bisnis Anda dan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh; jika Anda seorang bisnis penggantian kaca, Anda mungkin ingin mendaftarkan nama domain GlassRepair.com atau GlassReplacement.com. Ini membantu meningkatkan peringkat Anda di search engine.

4. Sertakan Daerah Lokal Anda 

   Jika bisnis Anda lokal, pertimbangkan kota atau negara dalam nama domain Anda untuk memudahkan pengunjung lokal untuk menemukan dan mengingat situs Anda. Contoh: NganjukGlassRepair.com.

5. Hindari Nomor dan tanda hubung

    Angka dan tanda hubung sering disalahpahami orang yang mendengar alamat website Anda. Sebagai contoh; Jika Anda menyebarkan alamat situs Anda secara lisan seperti: "triple double-you (dot) one two three (dot) com", orang akan mengira bahwa secara tertulis alamat situs Anda adalah www.123.com, padahal secara tertulis alamat situs Anda adalah www.onetwothree.com.

6. Gunakan Nama Yang Memorable

    Ada jutaan nama domain terdaftar, sehingga memiliki domain yang menarik dan mengesankan sangat penting.
 
7. Tidak Menggunakan Merk Dagang Orang Lain

   Pastikan nama domain yang dipilih tidak bermerk dagang, hak cipta atau sedang digunakan oleh perusahaan lain. Ini bisa mengakibatkan kekacauan hukum besar yang bisa menghabiskan banyak uang untuk membayar denda pelanggaran hak cipta.

8. Gunakan Ekstensi Domain Yang Sesuai 

   Ekstensi domain harus sesuai dengan bisnis dan jasa Anda, sebagai contoh; Jika Anda ingin membuat situs yang berisi tentang organisasi non-profit Anda, Anda dapat memilih domain dengan ekstensi ".org".



Daftar ekstensi domain dan kegunaanya:

 .com digunakan untuk komersil/organisasi profit
.gov digunakan untuk pemerintahan
.edu digunakan untuk institut pendidikan dan edukasi
.mil digunakan untuk militer
.net digunakan untuk organisasi network
.biz digunakan untuk kepentingan bisnis
.info digunakan untuk kepentingan informasi
.tv digunakan untuk pertelevisian
.travel digunakan untuk pariwisata
.org digunakan untuk organisasi/kegiatan non-profit


9. Melindungi dan Membangun Merk Anda

    Untuk melindungi merk Anda, Anda harus membeli berbagai ekstensi domain, serta versi salah eja nama domain Anda sendri. Hal ini untuk mencegah pesaing mendaftarkan versi lain atau mencegah munculnya halaman phishing (halaman tiruan yang digunakan hacker untuk mencuri data sensitif seperti kartu kredit, password, dll). Contoh; pihak Facebook juga membeli nama domain yang beralamat www.facebok.com untuk mencegah hacker membeli domain tersebut yang digunakan untuk membuat halaman phishing.

10. Cepat Untuk Memilih Nama Domain

    Segera daftarkan domain favorit Anda secepatnya, karena kemungkinan banyak orang diluar sana yang ingin mendaftarkan domain yang sama dengan Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan nama yang tersedia, penyedia jasa domain seperti GoDaddy akan menyarankan nama alternatif selama pencarian domain Anda untuk membantu Anda menemukan nama yang sempurna.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism