Monday, September 7, 2015

Tags: , , , , ,

Biografi Tim Berners-Lee Sang Pencipta World Wide Web

Biography Careers Network Software Technology Web
Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955 dikenal sebagai penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium.
Berners-Lee menulis piranti lunak yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Semua adalah bahasa pemrograman yang digunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan protokol bagaimana situs-situs dapat ditemukan di internet dan berkomunikasi satu sama lainnya. 
Pada 1980, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Mengingat CERN merupakan institusi multi-nasional, Berners Lee ingin membuat suatu piranti lunak yang memungkinkan data-data dan informasi yang dia miliki dapat dilihat oleh para ilmuwan lain, begitu pula sebaliknya. Dia menamakan piranti lunak tersebut Enquire (Enquire Within Upon Everything). Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada tahun 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah digunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser pertama bernama WorldWideWeb dan server web pertama yang bernama httpd.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism