Wednesday, December 24, 2014

Tags: ,

Tips Wawancara Sukses

Careers Tutorial

Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Dalam wawancara kerja,
tujuan pihak perusahaan untuk mewawancarai para pelamar kerja adalah untuk mengetahui informasi mengenai pelamar kerja dengan pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh pelamar kerja.
Berikut ini tips sukses berwawancara ;
1. Siapkan Mental dan rileks.
Anda harus bisa tenang dan rileks, meskipun situasi yang dihadapi saat sesi ini sangat menegangkan bagi Anda. Tujuannya, agar Anda tidak gugup, bingung, bisa mengontrol kalimat apa yang keluar dari mulut, dan tak ada data atau informasi tentang diri Anda yang terlupakan. Maka, siapkan mental Anda untuk sesi ini. Pastikan ketika nama dipanggil, Anda sudah siap 100%.
2. Awali wawancara dengan sukses.
Jika harus mengisi formulir, isilah dengan lengkap dan rapi. Ucapkan salam (selamat pagi/siang/sore) kepada para pewawancara dan jika harus berjabat-tangan, jabatlah dengan erat (tidak terlalu keras namun tidak lemas). Tetaplah berdiri sampai anda dipersilakan untuk duduk. Jangan kaku,duduklah dengan posisi yang tegak dan seimbang.
3. Siapkan data-data penting yang mungkin diperlukan.
Diterima tidaknya lamaran pekerjaan Anda, juga tergantung pada track record dan latar belakang pendidikan serta pengalaman Anda. Sebelum wawancara, pastikan semua data yang dibutuhkan, telah ada pada Anda. Buat pewawancara Anda terkesan, dengan menjawab semua yang ditanyakan dengan baik dan benar. Jangan berdusta, karena akan berakibat fatal di belakang hari.
4. Perhatikan sikap dan kemampuan verbal Anda.
Sikap dan cara bicara Anda mencerminkan karakter dan kepribadian Anda. Maka buatlah kesan positif setiap kali menjawab pertanyaan dari pewawancara. Usahakan bersikap sopan dan profesional.
Selain itu, bicaralah dengan jelas dan mantap. Jangan redam suara Anda, namun jangan pula berbicara dengan nada tinggi.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism