Sunday, December 21, 2014

Tags:

Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif

Careers


Untuk memaparkan dan menjelaskan sebuah konsep kepada hadirin diperlukan presentasi. Presentasi biasanya dilakukan dengan menggunakan Microsoft Power Point atau alat presentasi lainya.

Seorang pembicara dengan presentasi yang baik bukan hanya membutuhkan kemampuan berbicara tetapi perlu menguasai materi yang akan disampaikanya, beberapa faktor teknis juga turut mempengaruhi kualitas penampilan saat presentasi. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi baik buruknya sebuah presentasi ;


1. Kuasai materi yang ingin disampaikan

Menguasai materi artinya pembicara dapat memilih materi yang harus ditekankan dan materi yang dapat dihilangkan agar membuat presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan materi ini membuat pembicara akan menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi berjalan dengan baik.

2. Jiwai materi yang sudah dikuasai
Membawakan presentasi tidaklah sama seperti membacakan puisi, pembicara tidak perlu menghafal materi yang akan dibawakan, setiap presentasi membutuhkan 2 hal, yakni harus hidup dan memiliki energi. Hal ini akan diperoleh jika pembicara menjiwai materi yang dia bawakan.

3. Latihan mempresentasikan materi (simulasi)

Agar materi yang disampaikan dapat dipresentasikan dengan lancar tentunya latihan sangat diperlukan, seperti melatih kemampuan berbicara dan penggunaan bahasa tubuh yang baik dan benar.

4. Kemampuan menguasai audience

Tak cukup hanya dengan kemampuan berbicara dan gaya bahasa tubuh yang baik dan benar untuk menguasai audience, namun juga perlu dilakukan upaya pengontrolan apakah audience masih menyimak materi yang kita sampaikan atau sudah larut dengan urusan masing-masing. Banyak hal menarik yang dapat dilakukan untuk menguasai audience, diantaranya adalah memberikan pertanyaan, berdiskusi, memberikan tayangan video dan sebagainya. Hal yang menarik sangat dibutuhkan agar audience tidak merasa bosan saat menyimak materi yang kita sampaikan.

5. Jelaskan poin-poin penting yang ingin disampaikan
Sebelum memulai presentasi, sebaiknya menjelaskan kepada audience tentang berapa poin penting yang ingin disampaikan dalam presentasinya. Memberikan panduan yang jelas di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai yang kita sampaikan untuk membantu audience lebih mudah menyimak materi yang kita sampaikan.

6. Membuat tampilan Slide yang baik dan menarik
Tampilan yang baik dan menarik sangat diperlukan untuk menarik perhatian audience supaya memahami lebih jauh materi yang kita sampaikan, seperti slide yang menarik , tulisan yang terbaca dengan jelas, dan pemilihan warna background yang kontras.

7. Tampil energik
Tampil energik saat menyampaikan materi yang kita sampaikan berguna agar audience tidak bosan dan mengantuk, sikap humoris juga dapat membantu kita semakin akrab dengan audience yang belum pernah bertemu kita sebelumnya.

8. Jangan sering melihat slide saat berbicara

Banyak pembicara yang lebih sering melihat pada slide yang isinya sudah mereka ketahui daripada melihat audience. Sebaiknya pembicara lebih memfokuskan mata dan perhatiannya kepada audience agar membuat presentasi menjadi lebih menarik dan tidak terkesan canggung.

Bimo Putro Tristianto

Author & Editor

Bimo Putro Tristianto nama yang terkesan kuno, tetapi dengan nama itu saya membuktikan bahwa siapapun dapat mempelajari teknologi lebih mendalam.

0 Add Comment:

Post a Comment

 

Advertising

Copyright © Freaker_Media 2020

Template by Templateism